Tempat Berbagi Ilmu

Bekerja Keras, Belajar Terus dan Berdoa

GYPSUM DAN KUAT TEKAN MORTAR

Gypsum dengan rumus kimia CaSO4.2H2O merupakan bahan yang harus ditambahkan yang pada proses penggilingan clinker menjadi semen , yang mana fungsi gypsum  adalah mengatur waktu pengikatan daripada semen atau yang dikenal dengan sebutan retarder.

Gypsum yang digunakan ada 2 jenis yaitu gypsum sintetis dan gypsum natural.

Pada proses penggilingan clinker menjadi semen jumlah penggunaan gypsum dikontrol melalui kandungan SO3 (sulfur trioksida) dari  semen yang diproduksi semakin tinggi kandung SO3 dalam semen maka ini dapat memberikan indikasi bahwa penggunaan gypsum juga tinggi begitu pun sebaliknya.

Gypsum dalam semen dapat memberikan efek negatif apabila dalam jumlah yang besar ,yang mana dapat menyebabkan terjadinya pemuaian pada semen pada saat digunakan itulah sebabnya penggunaan gypsum harus dikontrol secara ketat.

Selain sebagai pengatur waktu pengikatan dan penyebab pemuaian, gypsum juga dapat mempengaruhi kuat tekan baik itu nilai kuat tekan maupun perkembangan kuat tekan.

Telah dilakukan pengujian kuat tekan mortar dengan kandungan Gypsum yang bervariasi dan gypsum yang berbeda gypsum Natural dan gypsum sintetis serta menggunakan campuran gypsum natural dan gypsum sintetis dengan perbandingan 1:1 dengan target SO3 dalam semen 1,3 %, 1,5%, 1,7% dan 1,9 %.

“PENGARUH KANDUNGAN SO3 TERHADAP KUAT TEKAN MORTAR”

Filed under: Bahan baku, , ,

One Response

  1. anthy mengatakan:

    aq copas ya kak bwt laporanq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: