Tempat Berbagi Ilmu

Bekerja Keras, Belajar Terus dan Berdoa

POZZOLAN

Pozzolan : Adalah bahan yang mengandung senyawa silica dan Alumina dimana bahan pozzolan itu sendiri tidak mempunyai sifat seperti semen, akan tetapi dengan bentuknya yang halus dan dengan adanya air, maka senyawa-senyawa tersebut akan bereaksi secara kimiawi dengan Kalsium hidroksida (senyawa hasil reaksi antara semen dan air) pada suhu kamar membentuk senyawa Kalsium Aluminat hidrat yang mempunyai sifat seperti semen.

Bahan Pozzolan terbagi 2 yaitu :

  1. Pozzolan Alam (Natural) : Tufa, abu vulkanis dan tanah Diatomae. Di Indonesia Pozzolan alam dikenal dengan nama TRASS.
  2. Pozzolan Buatan (sintetis) : yang termasuk dalam jenis ini adlah hasil pembakaran tanah liat dan hasil pembakaran batu bara (Fly Ash)

Kerak (slag),Blast Furnace slag : adalah bahan non metalik hasil samping dari pabrik pemurnian besi dalam tanur yang mengandung campuran antara kalsium silikat dan kalsium alumina silikat dan beberapa pengotor.

Semen Mosonry menurut ASTM C 219-90

Semen Masonry adalah semen hydraulic untuk digunakan sebagai adukan konstruksi masonry, mengandung satu atau lebih bahan-bahan sebagai berikut : Semen Portland, Portland Blast Furnace Slag Cement, Semen Portland Pozzolan, Semen alam atau kapur hidraulik . Dan bahan penambahnya mengandung satu atau lebih bahan-bahan seperi : kapur padam, batu kapur, chalk, Calcareous, Shell, Talk, Slag atau tanah liat yang disiapkan untuk keperluan ini.

Filed under: Bahan baku, ,

10 Responses

  1. zam mengatakan:

    bagai mana cara membuat POZZOLAN buatan?
    apa saja bahan baku yang di perlukan?

    • rudi mengatakan:

      Terima kasih atas kunjungannya
      Material dikatakan pozzolan adalah karena memiliki sifat pozzolanic yang mana unsurnya bersifat reaktif terhadap semen.
      Material pozzolan buatan biasanya didapatkan pada proses pembakaran batu bara, biasanya proses ini digunakan pada pembangkit tenaga listrik yang menggunakan batu bara, hasil pembakaran batu bara ini menyisakan abu batu bara yang dikenal sebagai fly ash, material inilah yang mempunyai sifat pozzolan dan disebut sebagai material pozzolan.

      Pozzolan juga dapat dibuat dengan melakukan pembakaran kulit padi dan menghasilkan yang disebut abu sekam padi (Rice ash Husk) yang mempunyai sifat pozzolan.

      mudah-mudahan penjelasan ini bisa mencukupi

      • ika mengatakan:

        bisa jabarkan kandungan unsur kimia pozolan alami (abu sakam padi)& pozolan buatan (silika fume), dan bagaimana reaksi kimia jika dicampurkan dengan pada campuran beton?
        trima kasih

      • Anonim mengatakan:

        jadi semen bisa juga dikatakan prozzoland

  2. ccyqsv@yahoo.co.uk mengatakan:

    I’m honored to obtain a call from my friend when he discovered the important recommendations shared in your site. Browsing your blog write-up is a real great experience. Many thanks for thinking of readers like me, and I hope for you the best of achievements as being a professional discipline.

  3. xnmnrtexinhotmail.com mengatakan:

    I WANNA LEARN HOW TO DRIVE ND RIDE A MOTORCYCLE….MY FEAR OF IT THO IS GETTIN UP TO A HUNDRED ND CNT BRAKE OR HANDLE IT….I NEED A VERY GREAT EXPERT ON MOTORCYCLES TO TEACH ME IM PAYIN?

  4. Iyan Wijaya mengatakan:

    boleh minta sumbernya kak?

  5. […] tertentu pada semen campur maka pada proses pembuatannya ditambahkan bahan aditif seperti Pozzolan, Fly ash, silica fume […]

  6. juni mengatakan:

    apa perbedaan antara pozzolan dengan waste materials yang lain?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: