Tempat Berbagi Ilmu

Bekerja Keras, Belajar Terus dan Berdoa

SILICA FUME

Silica fume, juga dikenal sebagai microsilica, adalah hasil dari pengurangan kuarsa kemurnian tinggi dengan kokas pada tungku listrik dalam produksi silikon dan paduan ferrosilicon . Sebelum pertengahan 1970-an, hampir semua silica fume adalah dibuang ke atmosfir. Setelah masalah lingkungan mengharuskan pengumpulan dan pembuangan akhir dari silika fume, menjadi ekonomis dibolehkan untuk menggunakan silica fume di dalam aplikasi, khususnya dalam beton kinerja (mutu) tinggi .

Silica fume terdiri dari partikel vitrous sangat halus dengan luas permukaan yang disyaratkan 215.280 ft ² / lb (20.000 m² / kg) bila diukur dengan teknik serapan nitrogen, dengan partikel sekitar 100 kali lebih kecil daripada rata-rata partikel semen.

Karena kehalusan ekstrim dan konten silika tinggi, silika fume adalah bahan pozzolanat sangat efektif.

Silica fume digunakan sebagai penambahan semen Portland untuk memperbaiki sifat beton. Telah ditemukan bahwa silika fume meningkatkan kuat tekan, kekuatan ikatan, dan ketahanan abrasi. Perbaikan dalam sifat beton dari penambahan silica fume batang baik dari perbaikan mekanis akibat penambahan serbuk sangat halus dengan campuran pasta semen serta dari pozzolanat reaksi antara silica fume dan kalsium hidroksida bebas dalam pasta semen.

Penambahan silica fume juga mengurangi permeabilitas beton terhadap ion klorida, yang melindungi baja beton yang memperkuat dari korosi, terutama di lingkungan yang mengandung ion klorida tinggi seperti  jembatan yang kontak dengan air asin (laut).

Filed under: Bahan baku,

One Response

  1. […] Semen campur ini dibuat atau didesign karena dibutuhkannya sifat-sifat tertentu yang mana sifat tersebut tidak dimiliki oleh semen portland tipe I. Untuk mendapatkan sifat-sifat tertentu pada semen campur maka pada proses pembuatannya ditambahkan bahan aditif seperti Pozzolan, Fly ash, silica fume dll. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: