Tempat Berbagi Ilmu

Bekerja Keras, Belajar Terus dan Berdoa

DIMENSI KUALITAS

Ada delapan dimensi kualitas yang dikembangkan oleh Garvin dan dapat digunakan sebagai kerangka perencanaan strategis dan analisis, terutama untuk produk menufaktur. Dimensi tersebut adalah :

  1. Kinerja (Performance) karakteristik operasi pokok dari produk inti (kekuatan/keutamaan dari produk)
  2. Ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (features), yaitu karakteristik sekunder atau pelengkap.
  3. Kehandalan (reliability), yaitu kemungkinan kecil akan megalami kerusakan atau gagal pakai.
  4. Kesesuaian dengan spesifikasi (Conformance to spesification, yaitu sejau mana karakteristik dan operasi memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan sebelumnya.
  5. Daya tahan (durability) berkaitan dengan berapa lama produk tersebut dapat terus digunakan.
  6. Serviceability, meliputi kecepatan, kompetensi, kenyamanan, mudah direparasi; penanganan keluhan yang memuaskan.
  7. Estetika, yaitu daya tarik produk terhadap panca indra.
  8. Kualitas yang dipersepsikan (perceived quality), yaitu citra dan reputasi produk serta tanggung jawab perusahaan terhadapnya

Filed under: Kualitas, Uncategorized,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: