Tempat Berbagi Ilmu

Bekerja Keras, Belajar Terus dan Berdoa

ANDESIT

Andesit adalah abu-abu untuk batu vulkanik yang hitam dengan antara sekitar 52 dan berat 63 persen silika (SiO2). Andesites khas untuk kubah lava dan stratovolcano.

Andesit adalah batuan beku, gunung berapi, menengah komposisi, mengandung antara sekitar 52 dan berat 63% silika (SiO2).
Andesites berisi kristal yang terdiri terutama dari plagioclase feldspar dan satu atau lebih dari piroksen mineral (clinopyroxene dan orthopyroxene) dan jumlah hornblende. Di ujung bawah kisaran silika, andesit lava mungkin juga mengandung olivin. Andesit magma sering meletus dari stratovolcano sebagai aliran lava tebal, beberapa mencapai beberapa km panjang. Andesit magma juga dapat menghasilkan letusan kuat untuk membentuk piroklastik dan lonjakan dan kolom letusan besar. Andesites meletus pada suhu antara 900 dan 1100 ° C.
Andesit dapat dianggap sebagai ekuivalen ekstrusi diorite plutonik. Andesites ini merupakan karakteristik dari subduksi tektonik lingkungan di margin Samudera yang aktif, seperti pantai barat Amerika Selatan. Nama andesit berasal dari Pegunungan Andes.

Andesit adalah batu yang khas di Semenanjung gunung berapi Methana dan di pulau Nisyros. Kebanyakan kubah lava di Methana terdiri dari batu andesit. Menarik adalah fenomena magma pencampuran-yang dianggap kekuatan pendorong dalam banyak letusan di mana lava andesit relatif dingin terlibat: juga campur tangan dalam seperti kamar magma memanaskan reaksi magma dan kimia mengaktifkan seperti magma. Hasil mungkin sebuah kubah lava seperti Merapi (Indonesia) atau Montserrat.

Sumber : http://www.volcanodiscovery.com/id/glossary/andesite.html

Filed under: Bahan baku, Mineral Potensial Semen, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: