Tempat Berbagi Ilmu

Bekerja Keras, Belajar Terus dan Berdoa

KEHALUSAN SEMEN

SPECIFIC SURFACE

(Fineness by air permeability)

Test Methode ASTM C 204

Penggilingan Campuran klinker dan gypsum menjadi partikel halus, dimaksudkan untuk mendapatkan sifat sifat semen yang diperlukan atau di syaratkan.  Kehalusan material setelah keluar dari semen mill umumnya dilakukan dengan memantau luas specific permukaan material (Spacific Surface).

Proses hidrasi dari semen diawali dari permukaan partikel semen, semakin besar luas permukaan specific dari semen akan meningkatkan kecepatan hidrasi yang pada akhirnya akan mempercepat proses pengikatan dan pengerasan semen.

Dalam industri semen untuk mempercepat proses hidrasi dan meningkatkan perkembangan kuat tekan dari produk semen, maka pada umumnya dilakukan dengan menggiling lebih halus. Cara cara ini biasanya dipilih jika dari satu macam jenis klinker akan digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan semen dengan beberapa klasifikasi kuat tekan, sehingga akan dihasilkan dengan kehalusan yang berbeda beda.

Namun dengan memprodukasi semen dengan menggrinding ekstra halus yang bertujuan untuk menaikkan kuat tekan menjadi tidak ekonomis lagi, sebab dengan semen yang ekstra halus hanya efisien menaikkan kuat tekan pada umur umur awal saja , sedang energy yang diperlukan untuk mengrinding berkisar ½ dari konsumsi total yang dibutuhkan pabrik semen.

Pengujian Luas permukaan (spesific Surface) dilakukan dengan menggunakan alat Blaine Air Permeability oleh sebeb itu maka kahalusan semen lebih dikenal dengan Blaine.

Nilai kehalusan (Blaine) dihitung dari permeability udara terhadap sample semen yang dipadatkan pada kondisi tertentu. Biasanya  hambatan/tahanan terhadap aliran udara pada sample semen yang dipadatkan tergantung dari permukaan spesifiknya. Semakin besar nilai hambatannya akan menunjukkan semakin besarnya luas permukaan spesifik dari semen, demikian pula sebaliknya.

Satuan dari kehalusan semen Portland dinyatakan dalam cm2/gram atau m2/kg. Ini dapat juga diartikan sebagai jumlah luas muka total dibagi dengan berat sample.

Pengertian dari satuaan blaine cm2/gram adalah setiap gram semen apabila ditebar diatas permukaan yang rata maka akan membentuk luasan seluas 1 cm2

Specific Surface (Blaine) merupakan persyaratan fisika utama yang harus dipenuhi semen Portland untuk semua type.

Syarat minimun : 2800 cm2/gr (280 m2/kg).

 

Filed under: Kualitas, Semen Portland, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: