Tempat Berbagi Ilmu

Bekerja Keras, Belajar Terus dan Berdoa

Catatan Kecil

RAMADHAN

Hari ini kalau kita mengikuti hitungan pemerintah maka merupakan hari terakhir puasa ditahun 2010 atau 1431 H, memang cukup berat rasanya menjalani bulan Ramadhan itu bagi orang dengan bekal iman pas-pasan atau bahkan dengan modal iman yang sedikit sekali, tapi bagi orang yang dengan modal iman besar…hhmmm..puasa rasanya merupakan nikmat dan terasa sangat ringan.

Diakhir Ramadhan ini mari kita sama-sama instrospeksi diri kita masing-masing, apakah kita termasuk golongan orang yang merasa berat dalam menjalani puasa dibulan Ramadhan atau kita termasuk kedalam golongan yang dalam menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan merasa ringan.

Mari kita sama-sama mereview kembali bagaimana amalan kita selama bulan Ramadhan…Apakah setelah keluar dari bulan Ramadhan keimanan kita dapat dipertahankan atau iman kita semkin meningkat ?..semua kembali ke diri kita masimg-masing.

MINAL AIDIN WAL FAIDZIN..MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

SELAMAT  HARI  RAYA IDUL FITRI 1431 H

Selasa, 12 Oktober 2010

Normal beton

  • Setting selama 6 jam
  • 24 jam strength mencapai 8 Mpa
  • 3 jam strength mencapai 15 Mpa
  • 3 hari strength mencapai 15 Mpa
  • 1 minggu strength mencapai 23 Mpa
  • 4 minggu strength mencapai 35 Mpa
  • 3 bln strength mencapai 41 Mpa

Perkembangan strength berlansung selama masih ada sejumlah air yang digunakan untuk reaksi hydrasi.

Rabu, 20 Oktober 2010

  • Alumunium dan iron dalam raw meal/umpan tanur berfungsi sebagai flux pada daerah burning zone, liquid yang dihasilkan berfungsi sebagai solvent pada reaksi pembentukan mineral Silicate (C3s & C2S).
  • Dinegara berkembang 80% atau lebih semen dikirim dengan menggunakan bulk (curah) dan kebanyakan pabrik tidak memiliki pengantongan (packing plan).
  • Institute Beton Amerika (American concrete Institute-ACI) merekomendasikan janka waktu minimum curing adalah untuk mencapai 70% kuat tekan dari desain kekuatan yang direncanakan.
  • Temperatur curing yang tinggi dapat mempercepat perkembangan kuat tekan awal, namun dapat menurunkan kuat tekan pada umur 28 hari.
  • Produksi semen adalah proses menghasilkan CO2 sedangkan selama semen mengalami hidrasi dan pengerasan sebenarnya adalah proses perubahan yang memerlukan CO2 untuk proses pengerasan.
  • Beton/mortar memiliki kuat tekan yang cukup tinggi, tetapi memiliki kuat tarik & kuat lentur yang rendah.
  • Zona transisi (interface antara pasta semen dan agregat), adalah bagian yang terlemah dalam mortar, zona transisi lebih banyak mengandung etteringgite & Ca(OH)2 strukturnya lebih berpori-pori dibandingkan dengan struktur pasta semen disekitarnya.
  • Selama mortar dipanaskan, porositas akan meningkat sebagai akibat dari reaksi fisika dan kimia, terjadi dekomposisi & transformasi pada mortar, selain itu terjadi perbedaan dilatasitermal antara pasta semen & agregat. Dengan adanya dilatasitermal tersebut, maka dialur zona transisi akan terjadi tegangan tarik, bila tegangan tarik lebih besar dari daya lekat maka akan terjadi keretakan pada zona transisi tersebut.

2 Responses

  1. martarico mengatakan:

    Dear Pak Rudianto
    Semoga apa yang dicita2kan segera berhasil !!!
    Lain2
    Kami sangat tertarik untuk berbincang lebih lanjut terkait dengan ” SEMEN TYPE 5 “. Kami sedang mengerjakan Project PLTP ( Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi / Geothermal Power Plant ) didaerah Flores . Kalau tidak keberatan harap diberikan email address / no hp , agar pembicaraan lebih terarah . Terimakasih

    • rudi mengatakan:

      Dear Bpk Martarico
      Terima kasih atas kunjungannya
      Semen Type 5 adalah semen yg dalam penggunaannya memerlukan spesifikasi tertentu terutama panas hidrasi & tahan terhadapt serangan suflat.
      email :rudianto.salim@semenbosowa.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: